Ilmu Pengetahuan dalam Perkembangan Ekonomi

Jumat, 04 Januari 2013
Adalah suatu kenyataan yang telah kita maklumi bersama bahwa pada waktu ini, suatu proses perubahan mahabesar sedang dialami oleh umat manusia, sebagai akibat dari perkembangan ilmu pengetahuan serta penggunaan yang langsung mempengaruhi segala aspek-aspek penghidupan. Manusia telah berhasil mencapai kemajuan-kemajuan pesat dalam usahanya untuk lebih mengerti alam sekitarnya dan untuk sampai pada perumusan-perumusan yang lebih baik mengenai hukum-hukum alam yang berlaku, yang kemudian dengan sadar dipergunakannya untuk memperbaiki keadaan hidupnya sendiri.

Sedemikian besar kemampuan manusia untuk mengerti hakikat daripada hukum-hukum alam tersebut  serta kemampuannya untuk menggunakan hukum-hukum alam itu, sehingga pada saat ini ia berdiripada persimpangan jalan: arah yang satu menuju ke tamatnya eksistensi manusia sebagai akibat dari kekuatan-kekuatan destruktif yang diciptakannya dengan pengetahuannya sendiri, sedangkan arah yang lain secara potensial dapat membawa seluruh umat manusia ke tingkat penghidupan yang lebih baik, yang lebih sesuai dengan martabat manusia.

Alternatif yang terakhir ini baru terdapat secara potensial belaka, karena kemampuan luar biasa dari manusia untuk menundukkan alam itu belum dibarengi dengan kemampuan yang sepadan untuk menundukkan diri sendiri. Manusia belum berhasil sepenuhnya mengarahkan hubungan antarmanusia dan antarbangsa sedemikian rupa, sehingga manfaat dari penggunaan ilmu pengetahuan itu dapat dikecam oleh seluruh umat manusia.

 Pengetahuan merupakan modal penting dalam menghadapi pertumbuhan ekonomi dunia di jaman sekarang dan masa mendatang. Pentingnya peningkatan dan penerapan ilmu pengetahuan dalam ekonomi kita memberi kesempatan tumbuhnya sistem ekonomi  yang memiliki daya saing dan inovatif.

 Bank Dunia sendiri telah merumuskan empat pilar penting yang dibutuhkan sebuah negara dalam menumbuhkembangkan ekonomi yang berbasis pada ilmu pengetahuan. Pertama,  sebuah rezim ekonomi dan kelembagaan yang memberikan insentif bagi efisiensi penggunaan pengetahuan yang ada dan baru dan berkembangnya kewirausahaan. Kedua, populasi yang terdidik dan terampil yang dapat membuat, berbagi, dan menggunakan pengetahuan dengan baik. Ketiga, sebuah sistem inovasi efisien perusahaan, pusat penelitian, universitas, konsultan, dan organisasi lain, dan keempat, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang efisien dan fasilitatif.

Salah satu prinsip dasar lainnya dari ekonomi yang berbasis ilmu pengetahuan ini adalah inovasi. Ekonomi di negara Indonesia sendiri sudah seharusnya bergerak dari ekonomi yang mendorong pada investasi menjadi inovasi. Pemerintah, swasta, dan dalam hal ini universitas, harus saling bersinergi guna mewujudkan sistem ekonomi inovatif di negeri ini.Dalam dua dekade kedepan, pengetahuan berbasis ekonomi di negeri ini memiliki berbagai macam tantangan dan peluang. Diakhir presentasi ia juga memaparkan beberapa hal yang harus diantisipasi dalam menghadapi tantangan tersebut yaitu dengan cara memperkuat dan meningkatkan kapasitas pengembangan dan penelitian, memaksimalkan potensi TIK melalui kerja sama sektor swasta khususnya di daerah dan pengembangan infrastruktur  ICT.

 Penggunaan model ekonomi dapat merupakan bantuan yang tidak kecil, artinya dalam penentuan kebijakan ekonomi. Pengambilan keputusan mengenai suatu kebijaksanaan didasarkan kepada pemilihan di antara alternatif yang tersedia. Untuk menentukan alternatif apa saja yang ada, pertama-tama perlu adanya  pengetahuan mengenai keadaan yang sesungguhnya, dalam arti diketahuinya dari variabel yang relevan. Variabel-variabel yang hubungannya dirumuskan dalam persamaan tersebut dapat dibagi dalam dua golongan. Pertama, variabel yang dapat dikuasai oleh pengambil keputusan, sedangkan yang kedua adalah variabel yang terletak diluar kekuasaannya. Variabel pertama disebut juga instruments atau policy variables. Tindakan-tinakan berupa kebijakan ekonomi dari pengambil keputusan (decision maker) berbentuk perubahan nilai dari variabel yang dikuasainya.

sumber:
 http://www.unpad.ac.id/2012/11/kembangkan-ekonomi-yang-berbasis-ilmu-pengetahuan/
http://www.fe.iluni.or.id/hal/berita/detail/526/analisis_ekonomi_dan_perencanaan_pembangunan.html

1 komentar:

Poskan Komentar