Perilaku Pasar Pemerintah

Minggu, 28 Oktober 2012
Pasar pemerintah adalah organisasi atau lembaga pemerintah yang membeli produk untuk menjalankan kegiatan operasionalnya melayani berbagai kepentingan masyarakat. Lembaga-lembaga departemen maupun nondepartemen yang bergerak disektor industry, pertanian, perdagangan, transportasi, kehutanan, pariwisata, transmigrasi, dan sector lainnya adalah pembeli-pembeli produk industrial yang sangat potesial.

Luas pasar pemerintah dan tingkat pembeliannya seringkali lebih besar dari pasar-pasar industrial yang lain. Dengan perilakunya yang berbeda, banyak produsen produk industrial mempunyai organisasi pemasaran yang mengkhususkan bagi pangsa pasar pemerintah.

Partisipan dalam proses pembelian:

Partisipan dalam proses pembelian pemerintah dibedakan menurut strata pemerintahannya. Pemerintah pusat, pemerintah tingkat satu, pemerintah tingkat dua, sampai pemerintah dibawahnya. Organisasi pembelian pemerintah sangat formal dan procedural.
Prosedur pembelian pasar pemerintah umumnya dilakukan secara lelang tergantung besar atau volume pembelian yang akan dilakukan. Pada sistem lelang, pemerintah mengundang pemasok untuk melakukan penawaran barang yang diperlukan pemerintah. Penawaran yang diterima umunya adalah yang memenuhi persayaratan dan kualifikasi tertentu (terutama untuk barang-barang yang nonstandar). Untuk pekerjaan-pekerjaan yang lebih kompleks dan resiko tinggi pemerintah melakukan kontrak dengan beberapa pemasok yang kemudian melalui negosiasi disepakati dalam perjanjian tertulis.

Referensi : Buku seri diktat kulian DASAR PEMASARAN oleh Teguh Budiarto

ARIE DWI PUTRA
11210036
3EA01

0 komentar:

Posting Komentar