Manajemen Usaha : Kewirausahaan Koperasi

Sabtu, 07 Januari 2012
Koperasi adalah suatu badan usaha dimana para anggotanya yang menjalankan usaha dan bertujuan untuk kepentingan para anggotanya yang berdasarkan asas kekeluargaan.
Prinsip – Prinsip Koperasi
Prinsip koperasi terbaru yang dikembangkan International Cooperative Alliance (Federasi koperasi non-pemerintah internasional) adalah :
• Keanggotaan yang bersifat terbuka dan sukarela
• Pengelolaan yang demokratis,
• Partisipasi anggota dalam ekonomi,
• Kebebasan dan otonomi,
• Pengembangan pendidikan, pelatihan, dan informasi
Di Indonesia sendiri telah dibuat UU no. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian. Prinsip koperasi menurut UU no. 25 tahun 1992 adalah:
• Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
• Pengelolaan dilakukan secara demokrasi
• Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan jasa usaha masing-masing anggota
• Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal
• Kemandirian
• Pendidikan perkoperasian
• Kerjasama antar koperasi

Kewirausahaan koperasi dipilih karena koperasi sendiri berdasarkan asas kekeluargaan sehingga tiap anggota dan pengurus koperasi nanti memiliki rasa saling percaya dan tanggung jawab yang tinggi terhadap pekerjaan yang telah dilakukan karena keuntungan ataupun kerugian yang terjadi menjadi resiko yang harus ditanggung oleh seluruh anggotanya.

Selain itu pengumpulan modal akan lebih mudah dibanding harus mengajukan proporsal ke bank yang memiliki suku bunga pinjaman yang tinggi. Pengoperasiannya pun akan mudah dikooedinir karena kita mengenal langsung seluruh anggota pada bagiannya masing – masing.

sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi

Lingkungan Bisnis

Rabu, 04 Januari 2012
Lingkungan Ekonomi
Lingkungan ekonomi mencakup daya beli, pendapatan dan harga. Penentuan harga buku yang akan dijual nanti dapat dilakukan dengan melihat berbagai merk buku yang akan menjadi suppliernya. Karena harga yang diberikan oleh masing-masing supplier akan berbeda Selain itu masalah daya beli masyarakat sepertinya dapat dijangkau karena melihat kebanyakan masyarakat ini sudah memiliki pekerjaan tetap dengan pendapatan yang memadai. Sehingga dapat disimpulkan penyesuaian harga akan tetap melihat dari kemampuan daya beli masyarakat dan tetap menuju pada keuntungan yang maksimal.

Lingkungan Alam
Pengaruh alam tidak akan berpengaruh langsung pada buku yang akan dijual, namun akan mengganggu pada pengiriman buku. Mengingat Jakarta pada musim hujan sangat rawan banjir dan menimbulkan kemacetan. Hal ini dapat mengganggu penjualan yang dilakukan setiap harinya. Maka dari itu harus mencari supplier yang memiliki akses jalan yang baik sehingga pengiriman dapat berjalan dengan baik begitu juga dengan penjualannya.

Lingkungan Sosial
Sosialisasi menjadi hal yang penting dalam penjualan, selain masalah harga, kepercayaan antara penjual dan pembeli akan menjad nilai tambah yang bagi usaha ini. Jika terjalin hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar maka dapat dimungkinkan pasar akan semakin meluas dan dapat meningkatkan penjualan.

Teknologi
Kemajuan teknologi sangat berpengaruh pada usaha ini mengingat sasaran konsumen adalah pelajar. Hal ini sangat menguntungkan mengingat banyak pelajar yang sudah memiliki kemudahan untuk mengakses internet (melalui HP). Selain itu berkembangnya berbagai jaringan sosial di internet dapat dijadikan sarana promosi yang sangat efektif.




Hukum
Masalah hukum yang dihadapi dapat berupa izin usaha, perjanjian antara distributor, supplier dan produsen. Tentu saja jika semua itu tidak dilakukan maka akan menimbulkan kerugian pada semua pihak yang terkait. Ketaatan pada hukum yang berlaku akan menjadi keuntungan bagi semua pihak.

Lingkungan Politik Pemerintah
Politik pemerintah terkait masalah pajak yang akan diterapkan pada usaha ini. Penetuan pajak yang ditetapkan oleh pemerintah tentu saja tidak dapat dirubah. Jika Penjualan tinggi maka akan membuat pajak yang harus dibayarkan tinggi juga. Namun hal itu dapat disiasati dengan menggunakan pencatatan keuangan yang tepat. Seperti pencatatan persedian yang menggunakan sistem LIFO yang dapat meminimumkan pajak.

Lingkungan Persaingan
Dilingkungan ini usaha jual beli buku mungkin sangat jarang bahkan tidak ada. Persaingan dapat terjadi dengan orang-orang yang menjadi penjual buku dadakan. Kebanyakan terjadi pada awal tahun ajaran sekolah. Namun hal itu dapat diatasi dengan persaingan harga. Harga yang ditetapkan oleh oknum tersebut jauh dengan harga sebenarnya karena tidak langsung memesan dari suppliernya namun melalui perantara lain. Sehingga harga yang lebih murah akan menjadi hal yang bagus untuk menjaga eksistensi usaha ini.